Back to photo list

Kesultanan Bima, P. Sumbawa, NTB - Istana Asi Bou

Kesultanan Bima, P. Sumbawa, NTB - Istana Asi Bou
The picture above is taken automatically from flickr.com, if there is something related to the picture please visit and contact flickr.com
Kesultanan Bima: sultansinindonesieblog.wordpress.com/sumbawa/bima/

Asi Bou berarti Istana Baru. Tidak banyak informasi mengenai istana ini. Bangunan ini terkesan tertutup sehingga Asi Bou penuh misteri. Sebagian besar bangunan Asi Bou terbuat dari kayu. Itu sebabnya disebut sebagai Istana Kayu. Konstruksinya seperti lazimnya rumah panggung di Bima.

Asi Bou berdampingan dengan Istana Bima. Persisnya disebelah timur Istana Bima. Bangunan ini seperti mengawal bangunan di sebelahnya. Istana ini sebenarnya hanya tempat tinggal keluarga kerajaan dan tidak digunakan sebagai pusat penyelenggaraan pemerintahan.

Sesuai namanya, Asi Bou dibangun belakangan, pada masa pemerintahan Sultan Ibrahim (1881 – 1961). Sultan Ibrahim membangun Asi Bou untuk anaknya yang menjadi putra mahkota atau Raja Muda yakni Muhammad Salahuddin. Kelak, setelah Muhammad Salahuddin menjadi raja, dia memilih tinggal di Istana Lama. Asi Bou selanjutnya ditempati oleh adiknya, Haji Abdul Azis atau akrab dipanggil Ruma Haji. Dia menempati Asi Bou sampai akhir hayatnya. Selanjutnya, istri dan anak – anaknya, menempati rumah tersebut.
Date: 2015-03-15 04:47:25



bima raja king sultan istana asi bou

Visit : ATourism.com

Comments

No comment found!

Members of DigitalMarketingPariwisata.com | Joint with Mahoni.com
Powered by IndonesiaCommerce.com | Promoted by IndonesiaWebPromotion.com


Visit Archipelago Country, A Tropical Paradise In The World : EastJava.com and Indonesia-Tourism.com